CARA MEMBUAT NASI GORENG THAILAND




Thailand bisa dikatakan sebagai negara yang citarasa makanannya sejenis dengan lidah dan selera orang Indonesia.
Salah satu menu favoritnya adalah nasi goreng. Jika Indonesia memiliki nasi goreng yang terkenal, Thailand pun seolah tak mau kalah, Thailand juga memiliki nasi goreng khas negara mereka. Sebut saja nasi goreng nanas dan nasi goreng Pattaya. Kedua nasi goreng tersebut merupakan nasi goreng khas Thailand yang paling digemari para pecinta kuliner.

Bunda dan keluarga tak perlu repot terbang jauh-jauh ke Thailand, Bunda juga bisa berkreasi sendiri dengan membuat sendiri 2 nasi goreng ala Thailand dengan bumbu-bumbu nasi goreng Thailand yang bisa memanjakan lidah keluarga tercinta.

Berikut ini cara membuat nasi goreng Thailand yang bisa Bunda coba di rumah:

http://ho.lazada.co.id/SHQh0c
1. Nasi Goreng Nanas
Nasi goreng Nanas ini biasa disebut Khao Paad Supparod di Thailand. Uniknya nasi ini ditaruh di dalam wadah yang terbuat dari buah nanas.

Namanya saja sudah nasi goreng nanas, sudah pasti terbayang segarnya buah nanas dengan  campuran nasi dan seafood yang membuat nasi goreng nanas ini  menjadi lebih bergizi tinggi dan lezat. Yuk, Bunda buat sendiri di rumah, mudah kok!

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu, minyak, bawang putih, bawang bombay, udang kupas, cumi, daging rajungan, kecap ikan, kecap asin, daun bawang, garam, merica hitam, nanas, nasi, daun ketumbar, bawang goreng, dan cabai merah.

Setelah bahan-bahan Bunda siapkan, kini saatnya untuk memasak nasi goreng nanas dengan memanaskan minyak terlebih dahulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay setelah itu masukkan udang, cumi, daging rajungan, aduk hingga matang.

Masukkan nasi bersama kecap ikan, kecap asin, garam, merica hitam, aduk rata kemudian masukkan nanas. Aduk kembali hingga merata, angkat dan sajikan di dalam mangkuk kulit buah nanas tambahkan pelengkap seperti daun ketumbar, bawang goreng, dan irisan cabai merah.

2. Nasi Goreng Pattaya
Nasi goreng pattaya ini unik karena memiliki penampilan yang diselimuti oleh telur dadar. Sebenarnya bumbu dasarnya tetap sama seperti nasi goreng biasa, hanya saja pada nasi goreng pattaya ini diberi tambahan bahan seperti daun ketumbar dan serai.

Bahan-bahan yang harus disiapkan sebelum membuat nasi goreng Pattaya ialah, nasi putih, udang kupas, fillet dada ayam, jamur kancing, bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai rawit merah, serai, kecap ikan, saus tiram, saus tomat, kacang tanah yang sudah dikupas dan digoreng, ketumbar, minyak, telur ayam yang dikocok, dan gula pasir.

Untuk membuatnya, Bunda harus terlebih dulu membuat telur dadar, angkat, dan pisahkan di piring. Kemudian panaskan minyak lalu tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan serai hingga harum, masukkan udang dan ayam aduk hingga matang dan berubah warna. Setelah itu masukkan nasi, kecap ikan, saus tiram, saus tomat, dan gula, jamur kancing, kacang tanah, daun ketumbar jadi satu semuanya aduk hingga merata.

Setelah matang angkat dan letakkan nasi di atas telur dadar dan lipat ke tengah. Nasi goreng Pattaya siap disantap.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top