4 SAMBAL NUSANTARA DAN CARA MEMBUATNYA


Rasanya ada yang kurang jika menyantap suatu makanan tidak dilengkapi dengan sambal. Sambal menjadi pelengkap menu hidangan yang wajib ada di meja makan keluarga Bunda dan keluarga. Rasanya kurang afdol jika tidak mencolek sambal.


Jika Bunda terbiasa membuat sambal terasi dan bosan dengan sambal yang itu-itu saja, perlu Bunda ketahui, tak hanya memiliki berbagai macam kebudayaan, ternyata Indonesia juga kaya akan khazanah kuliner. Salah satunya adalah aneka sambal yang sudah tidak diragukan lagi cita rasanya.

Berikut ini 4 sambal khas Nusantara yang bisa menjadi pilihan untuk menambah cita rasa dan selera keluarga menjadi lebih lahap. Walaupun sama pedas tapi keunikan rasa yang dimiliki sungguh kaya dan berbeda.

1. Sambal Bajak
Sambal bajak ini merupakan sambal khas Jawa Timur. Cita rasanya yang khas, pedas, dan gurih menjadikan sambal ini memberikan rasa pedas yang nikmat. Yang membuat sambal bajak ini berbeda dari sambal lainnya ialah dari rasa cabainya yang betul-betul terasa dan cara mengolahnya. Bahan-bahannya juga mudah untuk Bunda dapatkan antara lain, cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, terasi, gula merah, air asam jawa, dan kulit jeruk purut.http://ho.lazada.co.id/SHQh2E

Untuk membuatnya pun, terbilang mudah. Sebelum mengolah sambal, Bunda harus menumis bahan-bahan terlebih dahulu, seperti bawang merah dan bawang putih kemudian masukan juga semua bumbu-bumbu lainnya tumis jadi satu hingga matang dan harum jangan tambahkan lupa tambahkan juga serai, daun salam, dan lengkuas.

Setelah itu Bunda bisa masukkan air matang secukupnya agar wajan tidak terlalu lengket dan berkerak dan rasa bumbu tadi tidak berubah, tunggu hingga sedikit mengering dan hasil tumisannya bisa langsung diangkat dari wajan lalu diulek dengan menaburkan garam sesuai selera, uleklah hingga halus, sembari mengulek jangan lupa siram sedikit demi sedikit dengan air asam jawa agar cita rasa sambal bajak menjadi lebih lezat dan nikmat untuk disantap.

2. Sambal Mangga
Sambal mangga ini menjadi andalan jika Bunda dan keluarga ingin merasakan sensasi pedas dan segar karena sambal ini berbahan utama dari buah mangga.
Sambal khas Palembang ini paling menggugah selera jika disiram di atas ikan goreng atau tepung, sensasi sambal mangga yang segar lebih terasa lagi jika Bunda memilih mangga yang masih muda atau belum terlalu matang.

Hmm...penasaran untuk segera membuat sambal mangganya kan, Bunda? Bunda bisa mulai dengan menyiapkan bahan-bahan seperti, buah mangga muda yang sudah dicuci dan dikupas bersih lalu potong memanjang tipis-tipis, kemudian siapkan cabai merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi sesuai selera, garam secukupnya.

Cara membuat sambal mangga sama dengan sambal pada umumnya, yakni dengan mengolah semua bahan hingga halus. Namun, setelah semua bahan halus, campurkan irisan tipis mangga muda dengan sambal. Bunda juga bisa mencampurkan mangga muda pada saat masih ada diulekan dan menguleknya kembali agar lebih menyatu dengan bumbu, boleh-boleh saja, sesuai selera Bunda dan keluarga.

3. Sambal Matah
Bukan hanya indah akan budaya dan pantainya saja, Bali juga memiliki cita rasa sambal yang beragam dan tentunya mantap untuk disantap bersama keluarga, salah satunya ialah sambal matahnya yang khas dan unik. Sambal matah uniknya tidak diulek halus, seperti sambal biasanya.

Tidak perlu repot-repot ke Bali, Bunda pun bisa membuatnya di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan, terasi, bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, batang serai yang bagian putihnya, daun jeruk purut yang sudah dibuang tulang daunnya, air jeruk nipis, gula pasir, dan minyak goreng.

Cara membuatnya mudah, cukup dengan bersihkan semua bahan dengan air bersih, lalu iris tipis cabai, serai, daun jeruk purut, dan cincang kasar bawang merah dan bawang putih. Kemudian campur semua bahan yang sudah diiris dengan menambahkan gula pasir dan garam, aduk dengan merata. Bunda bisa mulai memanaskan minyak goreng lalu siramkan minyak ke dalam bahan tadi agar lebih mantap beri air jeruk nipis dan aduk. Sambal matah siap dinikmati dengan lauk yang dibakar atau yang digoreng.

4. Sambal Dabu - Dabu
Sambal Dabu-Dabu khas Manado ini menjadi begitu khas dan berbeda karena bahan-bahan sambal yang ada, di potong-potong lalu disiram memakai minyak goreng panas.

Bahan-bahan untuk membuat sambal Dabu - Dabu khas Manado ini ialah cabai merah ukuran besar, cabai rawit hijau, bawang merah, tomat segar yang dibuang bijinya dan dipotong-potong dadu kecil, daun kemangi, garam, gula pasir, air jeruk nipis, dan minyak goreng.

Membuatnya pun mudah dan cepat, hanya dengan mencampur semua bahan-bahan yang sudah dipotong kemudian diberi garam, gula, dan air perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga rata. Setelah itu panaskan minyak goreng dan tuangkan pada campuran bahan sambal dabu-dabu lalu aduk rata kembali sampai semua merata jadi satu. Sangat tepat jika sambal dabu-dabu ini disantap bersama ikan bakar atau seafood.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top